Senin, 17 Mei 2010

Day 3

Hari ke 3 di makassar ato hari ke 2 di wasuponda ga ada kemana2. Tapi hari ini ada acara khatam Quran. Jadi habis Dzuhur kita udah siap2 buat dateng ke acara Khatam Quran.

Adat di sana unik banget loh. Jadi pas dateng kita dijamu langsung disuruh nyicipin kue2 yg udah dihidangin di atas meja.





Kue2nya beragam dan semuanya manis2. Manis banget sampai berasa ngilu di gigi, hehe. 

Khatam Quran disana juga ga biasa, ga seperti di Banjarmasin yg ada payung bunga2 trus pakaiannya kayak orang berangkat haji tapi pake sayap gitu2 bagus. trus kalo di Banjarmasin kalo lagi khatam quran yg baca quran kita sendiri tapi kalo disana malah ustadnya yg ngaji jadi yg khatam ustadnya dong ya?? heheheheheehhe...




Malamnya ada acara lagi. Nama acaranya malam Mapaci, artinya malam pensucian hati katanya. Jadi acaranya itu calon pengantennya duduk trus kedua tangannya harus terbuka ditaruh di atas bantal, trus orang2 yg dituakan seperti orangtuanya, saudara kandung, om tante, nenek kakeknya bergiliran ngasih pacar sama gula merah di kedua belah tangannya trs beras dilemparkan kemukanya sebanyak 3 kali. Jadi calon pengantennya bergiliran satu satu. Soalnya calon penganten laki2 sama perempuannya udah ga boleh ketemu jadi habis calon penganten perempuan dikasih pacar itu dia langsung masuk kamar dan gantian sama calon penganten laki2nya. 

Foto ini sengaja minta fotoin. Soalnya kita dari keluarga laki2 yg bersuku dari Banjar sama sekali bingung dengan apa yg dilakukan orang2, jadi pas aku sama ade dipanggil namanya buat ngasih paci itu kita ngikut aja. Trus ngikutin apa yg diinstrukturin ma MCnya. Pas bagian ngelempar beras kemuka kita ketawa2 dan sengaja ngambil beras banyak2 trus ngelemparin kemukanya si om. eh ada ibu2 yg teriak "Heeeeeyyy.. jangan kau lempar ke mata, nanti masuk mata itu beras"!!! Wkwkwkwkwkwkwk.. Pembalasan atas keusilan2 yg *selalu* dilakukannya ke ponakannya. Si om cuma bisa pasrah. Hahahahahahaha...



0 komentar:

Posting Komentar

 

Cerita Kita Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang